INDONESIAN GALAU SONGS

27 Okt

Sedari dulu saya punya sebuah kebiasaan aneh. Saya sangat suka mendengarkan lagu-lagu galau. Seperti namanya lagu-lagu ini mempunyai lirik yang bertema seputar patah hati, teringat mantan, ataupun cinta bertepuk sebelah tangan. Bahkan saya menyusunnya dalam sebuah playlist tersendiri dalam WMP dengan nama “galau” :-/
Agak sedikit ironis memang mengingat kondisi saya sekarang yang sudah mempunyai belahan jiwa (ceile… :3) tidak seharusnya saya menyukai lagu-lagu galau tersebut. Sayangnya kebiasaan itu udah mengakar kuat. Coz menurut saya lagu-lagu mellow biasanya sangat easy listening dan bertempo lambat sehingga dapat membuat pikiran saya tenang dalam sekejap. Alhasil lagu-lagu dengan genre tersebut sangat cocok dijadikan musik pengantar tidur (sleeping)
Ini dia lagu-lagu galau yang sering saya dengarkan. Kita mulai dari lagu Indonesia dulu ya :-) Oia urutannya dibikin berdasarkan abjad nama depan penyanyi bukan berdasarkan bagus engganya coz semuanya bagus-bagus ;-)

1. Abdul & The Coffee Theory – Proses Melupakan
Ini merupakan salah satu band favorit saya. Dulunya sih sang vokalis, Abdul, hanya bernyanyi solo tanpa band pengiring. Karena dirasa kurang greget, makanya dia kemudian membentuk sebuah band. Lagu ini terdapat dalam album Lovable dan kemudian dibuat new version dalam album berikutnya, Love Theory. Dua-duanya sama bagusnya. Kalo versi aslinya cenderung menonjolkan musik band-nya sedangkan untuk new version terasa lebih lembut dengan iringan piano.
Namun yang membuatnya galau adalah lirik lagu ini sungguh nampol [sip] Sesuai judulnya, lagu ini tentang proses seseorang untuk melupakan mantan pacarnya. Bagaimana dia melewati setiap harinya agar suatu hari nanti bisa menghapus kehadiran sang mantan di hatinya. Sangat menyentuh apabila didengarkan oleh orang yang baru saja putus cinta (brokenheart)

2. Afgan – My Confession
My Confession adalah salah satu single andalan dalam album pertama Afgan. Lagu ini bercerita tentang cowok yang ngga berani nyatain cinta ke orang yang dia suka hingga akhirnya si cewek dimiliki orang lain. Galau pisan! Suara piano yang mengiringi lagu ini cukup lembut dan menenangkan sehingga membuat lagu ini sangat cocok dijadikan musik pengantar tidur (sleeping) Selain lagu ini, dalam album Confession No.1 terdapat satu lagu galau lainnya yaitu Sadis. Tentu kalian tidak asing lagi dengan yang satu ini. Sok atuh didengarkan (music_okok)

3. Agnes Monica – Rindu
Satu lagi lagu hebat yang dibawakan oleh Agnes Monica. Semenjak single “Karena Kusanggup” Agnes Monica mulai menunjukkan kehebatannya dalam menyayikan lagu balada. Penuh penjiwaan dan diiringi dengan teknik vokal yang mumpuni. Kehebatan Eros Djarot sebagai komposer lagu ini dapat kita lihat dari liriknya. Tanpa banyak mengumbar kata “rindu” atopun “kangen” kita sudah bisa menangkap makna bahwa sang gadis merindukan kehangatan dari pasangan yang lama tak didapatkannya. Galau tetapi tidak terkesan mengiba. Jadi, kesimpulannya Agnes Monica+Eros Djarot = sungguh perpaduan yang sempurna [sip]

4. Calvin Jeremy – Tetap Setia
Musisi muda satu ini ternyata ga cuma jago bikin lagu-lagu cinta tetapi juga lagu galau. Tetap Setia bercerita tentang pengharapan seorang cowok agar suatu hari bisa bersatu lagi dengan mantannya. Ironisnya, si mantan udah sama orang lain. Pedih! Makanya trus dia bilang gini, “Tetap setiaku menghitung hari, tetap setiaku kan menanti. Hingga saatnya kan tiba dia kan kembali bersamaku…” [pray] Lagu ini dibuat 2 versi yaitu orchestra & piano version. Dua-duanya bagus. Tetapi saya lebih menyukai versi piano karena kegalauannya lebih terasa (scenic)

5. Judika – Malaikat
Gelar runner up Indonesian Idol yang disandang cowok ini tentu menjadi bukti kualitas vokal yang dimilikinya telah diakui seluruh Indonesia. Dan lagu ini berhasil mengeksplorasi kualitas vokal Judika secara maksimal. Coba deh dengerin lagu ini pasti bulu kuduk kalian merinding. Bukan karena di belakang ada kunti, hehehe tapi karena saking bagusnya. Lagu ini bercerita tentang seorang cowok yang menyukai pacar orang lain. Di tengah jalan si cowok mengalami dilema besar. Apakah dia harus mengikuti bisikan setan untuk tetap bersama si gadis pujaan ataukah malaikat yang menyuruhnya meninggalkan sang gadis. Penjiwaan total yang dilakukan Judika di lagu bikin saya curiga jangan-jangan dia pernah ngalamin sendiri peristiwa serupa. Entah itu bener ato ngga, yang jelas Two thumbs up for Judika! [sip]

6. Kahitna feat Dea Mirela – Merenda Kasih
Single ini merupakan remake dari tembang lawas milik Ruth Sahanaya. Bercerita tentang cewek yang menuntut kepastian dari pasangannya. Tercermin dari salah satu liriknya, “Dia atau daku, kasih? Dapatkan cintamu” (scenic) Misalnya si pasangan tidak milih dia yasudah, elo gue END! (lmao)
Vokal Dea Mirela tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sama seperti Judika, penjiwaan total yang dari Dea membuat makna lagu ini dapat tersampaikan dengan baik ke pendengar [sip] Tapi yang jadi pertanyaan saya, dimana Kahitna-nya? Kok cuma Dea yang nyanyi? (unsure)

7. Maliq & D’Essentials – Sampai Kapan
Sorry to say tapi Maliq & D’Essentials dapat disebut sebagai salah satu band yang sering mengeluarkan lagu-lagu bertema galau. Mulai dari Untitled, Sampai Kapan, Beri Cinta Waktu, hingga Coba Katakan. Favorit saya tentu saja adalah “Sampai Kapan”. Ehm ini lebih karena liriknya mirip pengalaman pribadi saya sih (blush)
Lagu ini sangat direkomendasikan buat kalian yang udah TTM/HTS-an lama dan ga berani nyatain perasaan. Ada kalanya perasaan cinta yang kuat menjadikan kita takut untuk memberitahukannya kepada gebetan. Takutnya malah ngga jadi ato bahkan persahabatan yang udah ada jadi hancur. Bisa berabe kan (cry) Namun akan tiba waktunya kita harus bertanya ke diri sendiri, “sampai kapan” kita akan bertahan dengan semua ketidakjelasan itu. Sudah saatnya kita berani mengambil semua resiko untuk menyatakan perasaan yang lama terpendam.

8. Raisa – Apalah (Arti Menunggu)
Raisa merupakan penyanyi baru yang diorbitkan oleh Asta RAN. Sebelumnya dia sering menyanyikan cover version dari lagu-lagu hits milik penyanyi lain di Youtube. Apalah (Arti Menunggu) adalah single kedua Raisa dalam album self titled-nya. Pasti kalian familiar dengan lagu ini coz lumayan sering diputar di radio terkemuka di kota Jogja. Lagu ini sangat cocok untuk para galauers yang telah lama menanti seseorang. Sayangnya impian tersebut buyar ketika yang dinanti ternyata tidak lagi menaruh perasaan yang sama (cry).
Kembaran saya, Meme, juga sangat menyukai lagu ini. Dia bilang liriknya sangat nampol. Oleh karena itu kami sangat merekomendasikan lagu ini sebagai galauest song of this year [sip]

9. Sentimental Reasons – Atas Sikapmu
Mungkin ngga banyak yang tahu tentang band yang satu ini, begitu pula saya :p Awal mulanya saya tahu tentang band ini gara-gara saya sangat menyukai Raditya Dika. Di bukunya tertulis bahwa dia tergabung dalam sebuah band bernama Sentimental Reasons. Langsung deh saya mencarinya di indowebster. Wow ternyata lagunya bagus-bagus termasuk lagu ini [sip] Agak ngga nyangka coz selama ini image Raditya Dika ga jauh-jauh karena lucu & konyol. Ternyata dia mempunyai sisi lain yang ditunjukkan melalui musik di band ini. Buat kalian yang menyukai lagu-lagu jazzy dengan lirik supergalau silakan dengarkan lagu ini.

10. Sheila on 7 – Mudah Saja
Ini merupakan salah satu lagu tergalau yang pernah dibawakan oleh Sheila on 7. Mungkin banyak single mereka yang bertema galau semacam “Dan”, “Waktu Yang Tepat Tuk Berpisah”, ataupun “Hujan Turun”. Namun ini yang paling nampol menurut saya. Lirik lagu ini membuat kita menyadari bahwa di setiap perpisahan bukan cuma cewek yang bisa patah hati, cowok juga. Bahkan mungkin ketika cewek udah bisa move on, si cowok masih terjebak dengan sakit hatinya.

Maafin ye kalo kalian ikut-ikutan galau setelah dengerin lagu-lagu di atas. Gak ada maksud buat menularkan kegalauan ke masyarakat luas lho… Oke, untuk mengembalikan mood, besok kita lanjutkan lagi dengan Indonesian Sweet Songs. See ya! (wave)

28 Tanggapan to “INDONESIAN GALAU SONGS”

  1. Meme Desember 4, 2011 at 7:09 am #

    tambah siji maneh! adele – someone like you. kui lagu barat tergalau tahun ini. lirike nampol banget! d(^_^)b

    • salsa Januari 8, 2012 at 8:40 am #

      lagu galau????? kayak ati q……. :’)

      • putsypedrosa April 14, 2012 at 2:24 pm #

        sesekali boleh galau tp jangan keseringan. semangat! :)

    • putsypedrosa Februari 27, 2012 at 7:58 am #

      ehm, tapi judul postingnya kan indonesian galau songs. mgkn lain kali dibikin posting international galau songs :p

  2. bee20 Desember 16, 2011 at 11:34 am #

    nambah satu ,pergi saja by geisha bikin galau

  3. haris Januari 26, 2012 at 9:01 am #

    Postingan Yang Bagus :)

    • putsypedrosa April 14, 2012 at 2:24 pm #

      makasih :)

  4. prafiX Februari 3, 2012 at 6:28 pm #

    sepakat dgn lagux sheila on 7 galau abis , . . . Satu lg rekomendasi dri sya ‘Mus Mudjiono’ judulx ‘Demi Cinta’ . . . .

    • putsypedrosa April 14, 2012 at 2:26 pm #

      mus mujiono? wah retro sekali pilihan lagumu. oke, kapan2 aku gugling lagunya

  5. chocolatoz Februari 7, 2012 at 3:32 am #

    keren uy…. wkwkwkwk XD
    update lagi donk laguna…
    jempol dah bwt km!

    • putsypedrosa April 14, 2012 at 2:23 pm #

      usul yg bagus. kapan2 aku bikin lagi postingan ttg lagu :)

  6. alpin7 Maret 20, 2012 at 2:36 pm #

    wow mantap daftarnya. Ada kahitna juga, band galau nasional itu.
    kurang satu tapi, dewa 19 – pupus

    • putsypedrosa April 12, 2012 at 3:54 am #

      wah kelupaan. iya, pupus itu salah satu lagu tergalau yang pernah ada. mgkn kalo daftarnya jadi 20 lagu tergalau indo, ini bisa masuk :)

  7. Eriyztya Maret 23, 2012 at 4:08 am #

    Adera – terlambat .. :D

    • putsypedrosa April 12, 2012 at 3:57 am #

      tapi adera iramanya ceria sekali. kyknya kurang galau kalo dimasukin ke daftar ini :p

  8. nickofariz April 2, 2012 at 4:17 pm #

    tambahan :
    Ari lasso – Lirih..
    my favorit indonesian galau song ever..
    musiknya mendayu-dayu dan lirik nya menyayat..

    • putsypedrosa April 12, 2012 at 4:01 am #

      setuju, emang di indonesia banyak sekali lagu galau yg bagus. sampai ga muat kalo dibikin daftar ;)

  9. divastoviaa April 12, 2012 at 7:54 am #

    Nambah satu lagi ! Terry_Harusnya Kau Memilih Aku. . . Dengerin deh, mrinding !

    • putsypedrosa April 14, 2012 at 2:16 pm #

      iya, aku juga merinding dengernya. suaranya terry juga bagus banget >_<

  10. dianing Mei 3, 2012 at 4:56 pm #

    salah bgt mbak km iklan halaman ini :(

    • putsypedrosa Mei 4, 2012 at 3:56 pm #

      hahaha. lain kali aku posting ttg lagu ceria deh ;)

  11. ajeng Juni 21, 2012 at 1:37 pm #

    mahadewi _ risalah mati :(

  12. Lukmand Comet;s Juni 22, 2012 at 3:32 pm #

    abangnya galau terus

  13. Cevi Scheduler Juli 20, 2012 at 3:44 pm #

    uh Lagu Judikanya Galau Banget , , , , ,
    keuren

    • putsypedrosa Juli 30, 2012 at 1:06 pm #

      semoga ngga sampai galau berkepanjangan gara2 lagu ini :p

  14. rizki kurnia Agustus 30, 2012 at 10:20 am #

    wow, wajar nggak sih itu mbak? terus tanggapan pasangan anda gimana, setiap anda nyanyiin atau suka lagu-lagu galau gitu?

    • putsypedrosa September 3, 2012 at 4:50 pm #

      wajar aja kok. mgkn karena dasarnya aku suka musik slow. dan yg slow adanya cuma lagu galau :D
      pacarku gapapa kok. udah ngertiin kalo ceweknya ini suka galau ga jelas :p

  15. Anindya Februari 7, 2013 at 4:24 pm #

    kurang tuh. . .
    Agnes M – Cinta Diujung Jalan
    Armada – Pemilik Hati
    (aku banget) :’D
    siiplaah wt inf0nya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: